.

Saat ini keberadaan pengobatan tradisional (Battra) di lndonesia cukup diakui dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan kesehatan. Pemanfaatan pengobatan tradisional pada umumnya lebih diutamakan sebagai upaya pengobatan suatu penyakit. Dalam pelayanan kesehatan, Battra merupakan salah satu pilihan bagi masyarakat dalam mencari pemecahan masalah kesehatan. Masyarakat memilih cara pengobatan tradisional pada umumnya karena obat tradisional mudah diperoleh dan biayanya relatif murah dibandingkan pengobatan modern.

 

Puskesmas Cisarua, di bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, ikut andil dalam upaya pelayanan kesehatan Tradisional. Dalam pemanfaatan kesehatan tradisional, petugas akan mengedepankan tata nilai “PRIMA Melayani” yaitu profesionalitas, responsif, inovatif, motivasi dan akuntabel dalam melayani masyarakat melalui inovasi program KESTRAD yang kami namakan “ReHat SaJa” kepanjangan dari Rebo seHat Sareng Jamu.

 

Inovasi ini menjawab berbagai kebutuhan masyarakat terkait pengobatan tradisional dengan memanfaatkan rempah dan tumbuh-tumbuhan yang ada di wilayah Puskesmas Cisarua secara mandiri atau terpadu pada upaya peningkatan upaya promotif pada sistem pelayanan kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

 

Kegiatan ini melibatkan kelompok prolanis untuk ikutserta dalam praktek apotek hidup di pekarangan Puskesmas Cisarua sebagai media pembelajaran. Edukais inovasi ReHat SaJa ditujukan pada upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pemanfaatan ramuan herbal dari apotek hidup sebagai upaya pengobatan tradisional dengan tepat.